A. Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, d, atau e pada jawaban yang paling benar!
1. Setiap pekerjaan yang telah kita buat tentu harus disimpan. Cara menyimpan hasil kerja dimulai dengan ….
a. klik file pilih save c. klik file pilih new e. klik file pilih open
b. klik edit pilih paste d. klik edit pilih properties
2. Spesial efek yyang menjadikan garis tepi objek menjadi berlapis-lapis dengan beraneka warna lapisan adalah ….
a. interative contoure c. interactive envelope e. interactive transparency
b. interactive distortion d. interactive blend tool tool
3. Untuk memanggil bitmap yang berada di library yang tersedia, digunakan ….
a. klik fill dropdown > pilih other
b. klik tool interactive contour lalu drag bebas didekat objek kurva tertutup
c. klik salah satu
4. Dalam membuat karya grafis dengan menggunakan CorelDraw, langkah pertama ketika akan memulai pekerjaan adalah ….
a. men-setting area kerja d. membuat objek
b. klik tool pick untuk mengaktifkannya e. membuat garis
c. membuat garis bantu
5. Untuk membuat kurva, tool yang digunakan adalah ….
a. freehand b. basic shape c. tool polygon d. tool rectangle e. tool ellips
6. Tool yang digunakan untuk membuat objek elips segi banyak adalah ….
a. freehand b. basic shape c. tool polygon d. tool rectangle e. tool ellips
7. Untuk memperbesar dan memperkecil tampilan, tool yang dipergunakan adalah ….
a. tool zoom b. tool pick c. tool polygon d. tool rectangle e. tool eliips
8. Fill tool adalah alat dari program aplikasi CorelDraw yang dipergunakan untuk ….
a. mengatur tampilan
b. mengisi bidang dengan pilihan warna tertentu atau objek isian tertentu
c. memindahkan objek
d. memperbesar dan memperkecil tampilan
e. membuat tulisan yang sesuai dengan kebutuhan
9. Secara garis besar, desain grafis terbagi menjadi dua jenis yaitu ….
a. grafis bitmap dan raster c. grafis raster dan resolution e. garis dan kurva
b. grafis vector dan raster d. grafis bitmap dan grafis vector
10. Image vector banyak dipakai untuk membuat objek-objek yang solid dan bisa diubah-ubah ukurannya untuk berbagai keperluan seperti ….
a. pemandangan b. manusia c. tanaman d. objek benda e. logo
11. Untuk membuat objek berbentuk geometris dan berwarna solid seperti logo, kita gunakan ….
a. bitmap b. vector c. raster d. resolution e. gradasi
12. Apabila image bitmap diperbesar melebihi kemampuannya, maka hasilnya adalah ….
a. akan terlihat pecah dan kabur d. gradasi akan berkurang
b. akan terlihat makin jelas e. detail warna hilang
c. memiliki kemampuan untuk tidak pecah
13. Spesial efek yang menjadikan garis tepi objek menjadi berlapis-lapis dengan beraneka warna lapisan adalah ….
a. interactive contour c. interactive envelope e. interactive transparacy tool
b. interactive distortion d. interactive blend tool
14. Setiap pekerjaan yang telah kita buat sebaiknya disimpan. Cara menyimpan hasil kerja dimulai dengan ….
a. klik file pilih save c. klik file pilih new e. klik file pilih open
b. klik edit pilih paste d. klik edit pilih properties
15. Anda dapat menambah image bitmap ke dalam sebuah desai grafis dengan membuat objek bitmap atau menggunakan ….
a. scanner b. printer c. speaker d. keyboard e. video card
16. Sebuah teknik pengisian warna gradasi yang halus dari dua atau lebih warna yang dapat menimbulkan efek warna kedalam pada sebuah objek disebut ….
a. bitmap fill b. fountain fill c. uniform fill d. pallet fill e. texture fille
17. Pengisian warna pada objek yang digenerasikan secara acak yang natural adalah fungsi dari ….
a. uniform fill b. pallet fill c. texture fill d. bitmap fill e. fountain fill
18. Untuk memutar sebuah pengisian tekstur, anda dapat memasukkan sebuah nilai putaran didalam kotak ….
a. column b. rotate c. X d. Y e. row
19. Untuk mencerminkan sebuah pengisian texture fill, aktifkan kotak cek ….
a. mirror fill c. rotate e. Y
b. transform fill with object d. X
20. Untuk mempermudah pengimporan sebuah file, pastikan Files of type di-set pada pilihan ….
a. TIFF Bitmap c. Picture Publisher e. Corel Photo Pain Image
b. JPEG Bitmap d. All File Formats
21. Sebuah perintah untuk menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dari sebuah image bitmap yaitu ….
a. Color Transform c. Sharpen e. Inflate Bitmap
b. Cropping d. Fit Text to Path
22. Untuk mengatur posisi teks terhadap path secara vertical digunakan ….
a. distance from c. vertical placement e. text orientation
b. horizontal offset d. text placement
23. Efek yang digunakan untuk membuat efek penajaman menjadi focus dan enhance edges pada sebuah image bitmap adalah ….
a. efek sharpen c. efek noise e. efek kreatif
b. efek blur d. efek distorsi
24. Tool yang digunakan untuk membuka halaman baru adalah ….
a. paste b. undo c. new d. open e. paste aa
25. Langkah untuk mengubah atribut font adalah ….
a. klik text > format teks c. klik text > insert character e. klik text > fit text to path
b. klik text > edit text d. klik text > straighten text
26. Untuk membuat sebuah kotak, dapat menggunakan tool ….
a. 3 point rectangle tool c. ellipse tool e. star shape
b. rectangle tool d. 3 point ellipse tool
27. Berikut ini yang bukan program aplikasi grafis yang cukup popular untuk membuat karya grafis yaitu ….
a. CorelDraw c. Corel Photo Paint e. Excel
b. Photoshop d. Macrokmedia FreeHand
28. Untuk mengubah ukuran sebuah objek terpilih menjadi kelipatan/penggandaan ukuran objek orisinil, dilakukan ….
a. tekan tombol SHIFT lalu seret salah satu dari pegangan seleksi
b. tekan CTRL lalu seret salah satu dari pegangan seleksi
c. tekan tombol ALT lalu seret salah satu pegangan seleksi
d. tekan tombol Caps Lock lalu seret salah satu pegangan seleksi
e. tekan tombol F1 lalu seret salah satu pegangan seleksi
29. Untuk memutar objek, langkah yang perlu dilakukan adalah ….
a. klik pick tool kemudian klik window > toolbar > transformation > standart
b. klik pick tool kemudian klik window > docker > transformation > rotate
c. klik pick tool kemudian klik tool > docker > transformation > scale
d. klik pick tool kemudian klik window > docker > transformation > size
e. klik pick tool kemudian klik window > docker > transformation > shaping
30. Spesial efek yang sering duterapkan pada teks sehingga teks yang dibuat berubah bentuk sesuai dengan keinginan kita seperti melengkung, setengah lingkaran, dan sebagainya adalah ….
a. interactive distortion c. interactive transparency tool e. interactive envelope
b. interactive contour d. interactive blend tool
31. Untuk memanggil bitmap yang berada di Library yang tersedia, digunakan cara ….
a. klik fill dropdown > pilih other
b. klik tool interactive contour lalu drag bebas di dekat objek kurva tertutup
c. klik salah satu palet warna
d. klik tool interactive distortion > lalu drag didalam objek segi empat
e. klik tool interactive envelope
32. Untuk mengimport file image bitmap, dapat diawali dengan langkah ….
a. klik file>new from template c. klik file>import e. klik file>acquire image
b. klik file>open d. klik file>revert
33. Untuk pengisian pewarnaan dapat digunakan tool ….
a. c. e.
b. d.
34. Suatu jenis pengisian warna yang memiliki dua macam warna pada sebuah objek adalah ….
a. uniform fill b. two color bitmap patern e. fountain fill
b. pattern fill c. postCrip texture
35. Untuk menggabungkan dua objek atau lebih sehingga menjadi satu objek dengan menggunakan ….
a. ungroup b. group c. transformation d. orientation e. placement
B. Isilah dengan benar titik-titik dibawah ini !
1. Jelaskan unsur-unsur yang ada dalam desain grafis !
2. Sebutkan satuan kerja yang ada dalam program aplikasi CorelDraw!
3. Jelaskan yang dimaksud dengan image vector dan image bitmap !
4. Bagaimana cara menggandakan sebuah objek!
5. Jelaskan kelemahan dari image bitmap!
mana kunci jawabannya
BalasHapus